Advertisement here

Smart Relay

Smart relay,zelio smart relay,zen smart relay,kelebihan dan kekurangan smart relay

Smart Relay atau bisa disebut  sebuah mini PLC (Programmable logic controller). Smart Relay merupakan sebuah pengontrol otomatis berbasis logika yang berukuran relatif kecil sebagai pengganti sistem kendali konvensional seperti relay dan kontaktor biasa. Alat ini memiliki Input/Output mulai dari 10 I/O sampai dengan 40 I/O.Disebut Smart Relay karena memang ukurannya yang relatif kecil  tetapi memiliki kemampuan kendali yang tinggi.
Dalam membuat sebuah alat ,pasti ada tujuan tertentu yang pastinya memudahkan kita dalam mengerjakan sesuatu.Sama dengan Smart Relay  juga mempunyai tujuan diciptakan yaitu :
  1. Untuk menggantikan logika dan pengerjaan sirkuit kontrol relay yang merupakan instalasi langsung.
  2. Dengan smart relay rangkaian kontrol cukup dibuat secara software dan modulnya dapat ditransfer langsung ke Smart Relaynya.
  3. Smart Relay dirancang untuk instalasi dan perawatan oleh teknisi electrical industri yang tidak harus mempunyai skill yang tinggi dalam bidang pemograman.
Smart Relay mempunyai beberapa keunggulan dibanding rangkaian Konvensional yaitu :

  1. Sangat mudah untukditerapkan di berbagai proyek instalasi dan hemat waktu.
  2. Bersifat fleksibel dan sangat handal.
  3. Mudah dalam membuat variasi atau  modifikasi (dengan software).
  4. Lebih ekonomis daripada PLC untuk aplikasi yang sederhana.
  5. Memerlukan waktu training lebih pendek dari pada PLC
Dipasaran terdapat beberapa jenis merk yang memproduksi Smart Relay yang saya tahu ada 2 merk ternama yang memproduksi Smart Relay yaitu :

1.ZELIO SMART RELAY
Untuk produk Zelio ini dibuat oleh produsen ternama yaitu Sceineder
 Tersedia dalam 2 model : Model Compact dan Model Modular.Jika diperlukan dapat ditambahkan modul I/O tambahan (expansion I/O modules) , baik I/O diskrit maupun I/O analog.Beberapa options lain juga dapat ditambahkan (Modul komunikasi MODBUS dan Memory).



Keunggulan Zelio Smart Relay :

  1. Tersedianya modul komunikasi MODBUS sehingga Zelio dapat menjadi slave PLC dalam suatu jaringan PLC.
  2. Terdapat fasilitas Fast Counter (hingga 1KHz).
  3. Dapat diprogram dengan menggunakan Ladder dan FBD.
  4. Terdapat 16 buah Timer (11 macam), 16 buah Counter, 8 Buah blok fungsi Clock setiap blok fungsi memiliki 4 kanal), automatic summer/winter time switching, 16 buah analog comparator.
  5. Dapat ditambahkan 1 modul I/O tambahan.
2.ZEN SMART RELAY
  Zen smart relay ini dibuat oleh produsen omron yang telah terkenal di berbagai dunia.Zen smart relay memiliki fungsi serbaguna dalam tubuh yang kompak (70 mm lebar x 90 mm tinggi). • Satuan tunggal ini dengan mudah memberikan relay, timer, counter, dan fungsi saklar waktu. pekerjaan pengkabelan sangat berkurang karena    kabel terpisah tidak diperlukan untuk perangkat seperti timer dan counter.
Keunggulan Zen Smart Relay:


 Mudah ProgrammingLayar LCD dilengkapi dengan 8 tombol operasi pada panel depan untuk memungkinkan pemrograman dalam pandangan tangga Format. Layar LCD juga memiliki backlight, sehingga lebih mudah untuk melihat ketika ZEN yang digunakan dalam lokasi gelap.Catatan: Tidak didukung untuk ZEN - [] C2 [] [] - [] - model V2.ZEN V2 Fitur 3Ekspansi fleksibel Memungkinkan Hingga 44 I / O TempatHingga tiga Ekspansi I / O Unit dapat terhubung jika tidak ada cukup I / O poin. Ekspansi I / O Unit hanya 35 mm lebar.Catatan: CPU Unit dengan 10 I / O poin dapat diperluas ke 34 I / O poin.
          
Ekspansi I / O Unit tidak dapat terhubung ke Ekonomi-jenis Unit CPU.

 
Dukungan Software dengan Fungsi Simulasi• Program dapat dengan mudah ditulis, disimpan, dan dipantau oleh komputer pribadi.• Program dapat disimulasikan pada komputer pribadi tanpa terhubung ke ZEN tersebut.ZEN V2 Fitur 6Catatan: Untuk komputer notebook yang tidak memiliki port serial RS-232C, menghubungkan komputer ke ZEN dengan menghubungkan
          
sebuah kabel Konversi OMRON CS1W-CIF31 USB-Serial ke ZEN-CIF01 Menghubungkan Kabel. 


Fungsi serbaguna lainnya 
• Penggunaan Kaset Memory membuatnya mudah untuk menyalin dan menyimpan program.• Dilengkapi dengan dua saluran input analog (CPU Unit dengan DC power supply saja).• Fungsi Sandi menjamin keamanan. *• Layar Multi-bahasa dalam enam bahasa (Inggris, Jepang, Jerman, Perancis, Spanyol, Italia). *• Menampilkan pesan user-set atau nilai analog-dikonversi. ** Tidak didukung untuk ZEN - [] C2 [] [] - [] - model V2.Fitur yang disempurnakan V2 CPU UnitPeningkatan Mingguan Timer dan Kalender Timer FungsiCatatan: Tidak didukung untuk ZEN - [] C2 [] [] - [] - model V2.• Waktu presisi telah ditingkatkan.
  
Model konvensional: 2-min perbedaan / bulan
                                   

  
model -V2: ± 15-s perbedaan / bulan (pada 25 ° C)• Beberapa hari operasi dan operasi pulsa-output sekarang mungkin.• Fungsi-fungsi ditingkatkan yang nyaman untuk aplikasi waktu-dikendalikan seperti pencahayaan dan AC kontrol.


 
Ekonomi jenis Ditambahkan ke Seri

 Ekonomi-jenis CPU Unit dengan harga yang lebih terjangkau telah ditambahkan ke seri, meskipun Ekspansi I / O Unit tidak dapat ditambahkan.12 sampai 24 VDC Voltase OperasiOperasi sekarang mungkin dengan 12 VDC.Ekspansi I / O Unit telah dikurangi menjadi setengah ukuran (35 mm wide).RS-485 Komunikasi Model Ditambahkan ke Serikondisi jalur produksi dapat dimonitor dari jarak jauh dengan memantau status kontrol ZEN.ZEN V2 Fitur 13Lebih Precise Masukan AnalogModel konvensional: ± 10% FS → -V2 model: ± 1,5% model FS DC power supply dilengkapi dengan dua input analog (0 ke 10 V). Ada empat pembanding analog. presisi meningkat membuatnya lebih mudah untuk menggunakan Unit dalam aplikasi kontrol sederhana dengan tegangan, arus, suhu, dan nilai-nilai analog lainnya.8-digit Counter, 150-Hz Kontra• Sebuah counter 8-digit dan 8-digit pembanding telah ditambahkan.• Jumlah maksimum untuk model listrik DC adalah 150 Hz.Twin-timer Operasi Ditambahkanoperasi kembar-timer memungkinkan Anda untuk mengatur ON dan OFF kali secara terpisah, sangat menyederhanakan operasi intermiten.



Dalam Smart Relay ada 2 versi yang berbeda yang harus anda perhatikan saat mau wiring dengan smart relaynya yaitu:
1.Versi AC
versi ini kita dapat langsung menggunakan tegangan dari PLN yaitu 220v dan tinggal wiring sesuai buku panduannya saja.

2.Versi DC
menggunakan baterai yang dapat dicopot nah khusus untuk yang dc anda harus mengambil inputan dari baterai (bukan dari pln)akan tetapi baterai dari smart relay ini yang masuk ke sumber listrik Pln .


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Elektronika,PLC,Tips