Advertisement here

Belajar Shift Register dengan PLC Omron CX-Programmer

Instruksi Shift Register SFT(010) & SFTR(084)

 



Instruksi Shift Register pada PLC Omron

Shift Register merupakan instruksi yang saya temukan di berbagai tempat, baik saat mempelajari PLC maupun mikrokontroller arduino. Di beberapa kesempatan saya sendiri pernah menggunakan ini untuk sekedar belajar memahami bagaiman prinsip kerja sebuah data yang digeser ke kanan ataupun ke kiri.

 

BACA JUGA : Perbedaan PLC dengan Mikrokontroller

Cara Simulasi Program PLC Omron dengan CX-Designer 

Shift Register ini juga ada di PLC Outseal, dan cara menggunakannya juga simple.Meskipun tidak disetiap case kita bisa menggunakan instruksi ini, tidak ada salahnya bilamana pada kesempatan kali ini saya coba buatkan tutorial percobaan menggunakan Instruksi Shift Register.Tentu percobaan ini tidak lepas dari pakem file help pada software plc omron(CX-Programmer).

BACA JUGA : Cara Start Stop Relay dengan Satu Tombol

Selain daripada untuk catatan pribadi, saya sangat berbahagia jika apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi kita semua.

Berikut langkah – langkah menggunakan Instruksi Shift Register :


Langkah yang paling awal : Buka CX-Programmer dan buat sebuah project baru, disini saya menggunakan PLC type CJ1M(anda bebas pillih type apa saja). Type ini saya pilih untuk memudahkan saja menggunakan memori addres plcnya.


 

Selanjutnya, kita buat ladder seperti pada gambar diatas... pada gambar diatas kita menggunakan instruksi SFT 010 (Shift Register) dengan pola menggeser data ke sebelah kiri.Contoh diatas merupakan contoh default yang ada pada fitur help cx-programmer.


Prinsip kerja dari instruksi SFT ini adalah menggeser data dari input W10.0 ke CIO 100 dengan panjang data 16bit atau 1 Word, Sebenarnya kita bisa mengatur panjang data yang akan kita gunakan,misalnya dari CIO 100 sampai CIO 102 bisa diatur sesuai kebutuhan.


Penggeseran diatas menggunakan pulse 1 second  (P_1s) agar memudahkan kita melihat pergeseran datanya kita sambungkan kontak CIO 100 ke output H0.0 ~ H0.5

 


Tidak cukup melakukan percobaan dengan instruksi SFT (010), mari kita coba menggunakan instruksi SFTR 084(Reversible Shift Register), gambar diatas adalah tampilan instruksi di bagian help. Fokus kita disini adalah pada Control Wordnya untuk menentukan shiftnya mau geser ke kanan atau kiri serta pengaktifan data input, shift input serta reseting.



Mari kita buat ladder seperti pada gambar diatas, untuk Control Word disini kita menggunakan CI0 200 dengan tidak lupa kita mengaktifkan bit 200.12 agar shift berjalan ke kiri.Yang perlu di perhatikan jika menggunakan instruksi SFTR(084) ini adalah shift data(penggeser) jangan lupa diberikan semacam DIFU atau DIFD, karena jika tidak seperti itu maka bit dari Starting word sampai End Word akan langsung on sejalan berubahnya bit 200.14(penggeser).



Gambar diatas adalah kondisi saat mencoba memonitor bit dari Starting Word (CIO 110) yang dicoba pasangkan ke H1.0 sampai H1.5.


Cukup sekian percobaan dengan menggunakan Instruksi Shift Register pada PLC Omron CX-Programmer. Sebenarnya masih ada beberapa instruksi yang mempunyai fungsi yang sama(Shift Register) pada plc omron, mungkin lain kesempatan akan dicoba. Yang terpenting pada percobaan kali ini kita sudah bisa tahu bagaimana penggunaan daripada instruksi Shift Register pada PLC Omron.


Demikin ada kurangnya saya mohon maaf, bila berkenan masukan kritik dan saran pada kolom komentar sebagai bentuk support anda agar saya bisa menulis artikel lebih baik lagi.


Terimakasih

  Sapto Triwibowo 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,How To,PLC