Advertisement here

Cara Simulasi Program PLC dengan CX-Designer

Cara Menghubungkan CX-Programmer ke CX-Designer, Simulasi Program PLC dengan CX-Designer

Memprogram PLC merupakan hal yang menyenangkan, terlebih jika kita sudah bisa mendesain suatu sistem yang berjalan dengan baik tanpa ada kendala atau trouble.Pada saat memprogram biasanya kita akan menjumpai beberapa kendala terlebih apabila program yang akan kita buat itu rumit.

Masalah teratasi, Ketika kita dapat mensimulasikan program yang kita buat.Tentu saja sangat beresiko bilamana kita langsung mensimulasikan ke plant atau real Hardware atau keadaan sesungguhnya.

Maka dari itu banyak produsen PLC yang menanamkan simulasi pada Software untuk memprogramnya.Sebagai contoh OMRON dengan CX-Programmernya.Disaat kita mulai memprogram PLC Omron dengan CX-Programmer maka kita langsung dapat mensimulasikannya dengan CX-Simulator.

Caranya sangat mudah yaitu dengan menekan tombol keyboard CTRL+SHIFT+W untuk memulai simulasi.Untuk mengubah suatu kondisi disini kita asumsikan suatu kontak dari internal relay maka kita bisa tekan CTRL+J untuk force ON dan CTRL+K untuk force CLOSE.

Kurang menarik, Semakin kita sering membuat program program yang sederhana kita juga akan merasakan suatu kebosanan apabila simulasi hanya seperti itu itu saja.Terlebih jika kita tidak punya hardware secara real.

Beralih ke CX-Designer, Admin sendiri lebih suka bilamana saat belajar memprogram diberikan simulasi secara visual yang memudahkan untuk menganalisa program yang telah dibuat.Maka dari itu admin memilih CX-Designer untuk membantu dalam mensimulasikan.

Kenapa CX-Designer ?, Karena lebih mudah dipakai tentunya dan kita dapat menggunakannya langsung tanpa menginstall software lagi karena ini sudah bawaan dari CX-One yang kita install.Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mensimulasikan program yang kita buat dengan CX-Designer.

1.Pertama kita buka CX-Programmernya dan buat Project baru.



Pada tahap awal biasanya kita bisa menambahkan nama untuk Device PLC kita dan bisa memilih tipe plc yang akan digunakan.Disini pembaca boleh memilih tipe apa saja karena ini hanya simulasi tetapi jangan memilih tipe CPM karena tidak bisa disimulasikan tanpa hardware.Disini admin pilih yang tipe CJ1M, PLC Omron jenis Modular.

2.Kita buat sebuah program sederhana


Sebagai contoh disini admin akan mensimulasikan program yang sangat sederhana yaitu pengisian tangki dengan memanfaatkan instruksi Increment dan Decrement.Data akan disimpan di memori D1.

3.Buka CX-Designer


Untuk masuk ke CX-designer kita bisa search di menu atau langsung menuju ke filenya.Klik 2 Kali untuk membuka.

4.Buat Project baru di CX-Designer


Untuk membuat project baru maka kita bisa masuk ke File > New Project

Maka nanti akan muncul pop up seperti pada gambar diatas, Kita bisa memilih model(jika mau ditampilan ke HMI NS), yang jangan lupa kita isi adalah nama project serta dimana  kita akan menyimpannya.

Klik OK, Jika sudah berhasil mengisi.

 

5.Buat Screen pada CX-Designer


 

Setelah kita menekan klik OK pada langkah sebelumnya maka kita akan diminta untuk membuat sebuah screen baru. Disini  kita hanya perlu memasukkan nama dari screen tersebut.Pilih nama yang mudah diingat.

6.Mulai mendesain tampilan


Kurang lebih seperti ini tampilannya disini kita akan menggunakan 2 buah tombol untuk memulai program.

7.Memasukan adress ke object


 

Klik 2 kali pada level meter maka kita akan melihat tampilan seperti pada gambar diatas, selanjutnya kita bisa pilih set 2 untuk mengatur alamatnya.

8.Konfigurasikan settingan adress


 

Ada 3 hal yang perlu kita pahami disini yaitu

HOST, AREA, NUMBER

Untuk bagian Area kita bisa setting sesuai dengan tipe adress pada CX-Programmer, karena admin menggunakan D1 maka Area yang dipilih adalah Data Memory.

Numbernya kita sesuaikan dengan number data kita misal D1 maka numbernya 1.Klik OK Jika sudah selesai mengkonfigurasi.

Lakukan hal yang sama untuk object button.

 

9.Memulai Mensimulasi

Untuk mensimulasikannya ada beberapa cara yaitu lewat CX-Programmer atau lewat CX-Designernya langsung.


 

Jika melewati CX-Designernya langsung langkahnya adalah Klik Tools lalu pilih Test.Selanjutnya pilih Connect to CX-Simulator dan Start untuk memulai.


Jika melewati CX-Designer maka kita bisa masuk ke Simulation lalu pilih Start PLC PT Integrated Simulation.

Yang perlu diperhatikan disini adalah kita harus membuka 2 buah file yang kita buat baik itu CX-Programmernya ataupun CX-Designernya.

Kurang lebih tampilannya adalah sebagai berikut :


 

Selamat kita telah berhasil mensimulasikan program plc omron kita dengan CX-Designer.Selanjutnya kita bisa kembangkan lagi untuk pengetesan program program yang lebih rumit.

 

Sekian pembahasan tentang “Simulasi Program dengan CX-Designer”.admin minta maaf jika terdapat kekeliruan dalam menyampaikan pembahasan ini.Jika ada kritik dan saran silahkan bisa menghubungi admin melalui komentar, email, atau Facebook.

Terimakasih 

 

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Unknown
    Unknown May 24, 2020 at 1:10 PM

    teriama kasih atas share y . di tunggu artikel berikut nya.

Add Comment
comment url
How To,PLC,Tips