Advertisement here

Cara Download dan Upload PLC Mitsubishi dengan GX-Developer

 


Kegiatan Upload dan Download pada PLC adalah hal utama dalam memprogram sebuah PLC di berbagai jenis merk.Dikarenakan masing-masing merk mempunyai softwarenya sendiri-sendiri maka pengetahuan tentang cara Upload dan Download pada suatu PLC itu penting sekali.

Prioritas dalam pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana Cara Upload dan Download program ke PLC Mitsubishi.Software yang kita akan gunakan adalah GX-Developer.

Kenapa menggunakan GX-Developer ? Kenapa tidak GX-Works 2 atau GX-Works 3 ? 

.Sebetulnya sesuai kebutuhan saja sih karena kebetulan saya sendiri menggunakan PLC FX1S maka cukup menggunakan GX-Developer saja.

Sebelum memulai pembahasan, asumsi saya disini kita sudah paham apa itu Upload dan Download program PLC, serta paham tentang bahaya yang ditimbulkan bila kita salah memilih fungsi dari keduanya.

Baik, berikut ini adalah langkah- langkah cara Upload dan Download Program PLC Mitsubishi dengan GX-Developer

PROSES DOWNLOAD PROGRAM (PC-->PLC)

1.Buka dulu Software GX-Developernya

 


Berikut adalah tampilan saat software GX-Developer terbuka dan siap digunakan.


2.Buat Project baru dengan cara Klik Project --> New Project, atau dengan menekan CTRL+N

selanjutnya maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

 

 

Yang perlu dilakukan pada bagian ini adalah kita harus memilih Series dan Type PLC yang kita gunakan.Karena disini saya menggunakan PLC FX1S maka saya Pilih Series FX dan Type FX1S, untuk bahasa pemrograman yang kita gunakan disini bisa memilih Ladder atau SFC

 

BACA JUGA : Macam macam bahasa pemrograman pada PLC


Jika sudah jangan lupa Klik ---> OK


3.Buat program plcnya, disini saya coba membuat contoh program untuk start stop menggunakan satu tombol. Daripada ribet-ribet mending yang simple saja. :)

 

Berikut adalah tampilan program yang saya buat. Jangan lupa untuk menyimpannya setelah melakukan perubahan dengan menekan CTRL+S.

BACA JUGA : Cara Start Stop Relay menggunakan Satu Tombol

4.Hubungkan PLC ke komputer dengan kabel SC-09 untuk programming PLC FX dan pastikan bahwa benar benar sudah terhubung.

 

Tampilan diatas adalah pengecekan bahwa PLC benar-benar sudah terhubung ke PC.


5.Buka Transfer setup untuk menyetting port yang akan terhubung ke software GX-Developer


6.Pilih Serial --> atur COM Port sesuai yang ada pada Device Manager yang tadi kita cek

 


7.Test Connection antara PC ke PLC dengan menekan tombol connection test

 

Jika berhasil maka akan muncul pop up seperti berikut

8.Proses download , Klik Online --> Write to PLC

 


9.Pilih apa saja yang akan kita download ke plc

 


Disini kita bisa memilih 2 tombol, jika kita memilih tombol Param+Program maka yang akan kita download adalah Program dan Parameter saja yang akan masuk, jika kita pilih select all maka comment akan masuk juga ke PLC. Ini terserah kita bisa pilih semau kita. Lalu pilih tombol Execute untuk memulai Proses Download Program.

10.Posisikan PLC pada kondisi Stop sebelum Klik Yes

 


11.Proses Download telah selesai, sekarang kita bisa langsung mencoba program

 


Setelah muncul popup seperti pada gambar diatas maka proses pendownload.an program telah berhasil, selanjutnya kita bisa mulai untuk mencoba program yang telah kita buat.Sebelumnya pastikan kita juga sudah mengubah PLC pada Posisi Run Mode.

 

PROSES UPLOAD PROGRAM (PLC-->PC)


1.Buka GX-Developer, lalu pilih Online --> Read From PLC

 

2.Pilih jenis PLC yang akan kita Upload

 


3.Seperti biasa kita setting Port COM , dan lakukan Connection test untuk memastikan bahwa PLC yang akan kita Upload programnya sudah terhubung.

 


4.Klik Param+Prog --> Execute


5.Proses Upload telah selesai. Selamat program telah berhasil di Upload :D



Setelah muncul popup seperti gambar diatas maka bisa dipastikan bahwa program yang kita upload telah berhasil, selanjutnya kita bisa langsung menyimpan program tersebut dengan menekan CTRL+S.

 

Nah mungkin cukup sekian pembahasan Cara Upload dan Download Program PLC Mitsubishi dengan GX-Developer.Semoga apa yang dijelaskan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Yang perlu digaris bawahi disini adalah jangan sampai kita salah dalam melakukan proses Upload dan Download program plc, karena jika salah maka akan berefek pusing yang mendalam pada kehidupan kita selanjutnya.

Diatas adalah proses Upload dan Download dengan menggunakan metode Serial, untuk jenis PLC yang Ethernet saya sendiri belum mencobanya mungkin konfigurasinya cukup berbeda.Doakan ya semoga saya nanti diberikan rezeki untuk bisa beli PLC yang berEtherner supaya bisa membuat tutorial-tutorial yang bermanfaat bagi kita semua.


Terimakasih, bilamana terdapat kesalahan pada proses penjelasan Cara Upload dan Download PLC Mitsubishi dengan GX-Developer diatas saya minta maaf dan jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran di kolom komentar.:)

Sapto Triwibowo


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Heru purnomo
    Heru purnomo January 25, 2021 at 5:15 AM

    Selamat malam mas. Terima kasih share pengetahuannya. Sekalian mau tanya mas. Kalo transfer program dari plc mitsubishi FX1s ke Fx3 mentah2. Apa mungkin Hasilnya bisa jalan normal?

  • Sapto Triwibowo
    Sapto Triwibowo January 28, 2021 at 4:32 AM

    Tergantung pak kalau programnya menggunakan beberapa instruksi yang vital dan rumit dan stepnya banyak mungkin akan ada beberapa kendala,... jadi bapak perlu paham detail dulu program dari FX1S lalu baru bisa di convert ke FX3

Add Comment
comment url
How To,PLC