Advertisement here

Cara mengunci Program PLC Mitsubishi dengan GX-Developer

Mengunci atau memproteksi suatu program adalah hal yang umum dilakukan oleh beberapa programmer baik itu programmer plc atau lainnya.Mungkin bagi beberapa orang tidaklah begitu penting suatu buah pikiran yang tercurah ke program diproteksi, namun sebenarnya bentuk penghargaan tinggi dari upaya menghargai suatu buah pikiran bisa kita implementasikan dengan mengunci atau memproteksi.

Pada konteks program plc ada beberapa alasan mengapa kita harus mengunci program yang telah kita buat.Pertama adalah alasan keamanan, jangan sampai ada orang orang jahil yang berusaha mengobrak abrik program yang kita buat, apalagi kalau untuk fungsi fungsi yang vital karena jika terjadi perubahan yang asal asalan maka akan banyak menimbulkan kerugian.Kedua adalah privasi, privasi memang penting apalagi ini menyangkut nilai atau kehandalan/ kelebihan dari suatu alat(mesin).

Masing-masing software untuk memprogram plc mempunyai cara yang berbeda-beda pada teknik penguncian sebuah program.Di kesempatan kali ini kita akan coba praktikkan Cara mengunci program pada PLC Mitsubishi menggunakan software GX-Developer.

1.Buka softwaare GX-Developer yang kita punya kemudian buat sebuah program.lalu hubungkan ke PLC menggunakan kabel SC-09

2.Masuk ke menu Online--> Pilih Keyword Setup --> Register

3. Masukan password yang akan kita gunakan

Pertama disini kita diminta untuk memasukan password yang akan kita gunakan 2 kali, perlu diingat bahwa karakter yang kita masukan harus berjumlah 8 dan jika menggunakan huruf hanya bisa A sampai F.

4.Lakukan percobaan untuk mendownload program ke PLC

Setelah kita menekan tombol Execute maka sesaat kemudian akan muncul message/popup untuk memasukan password yang telah kita set tadi.Jika salah maka proses download akan gagal.

BACA JUGA : CARA UPLOAD DAN DOWNLOAD PLC MITSUBISHI DENGAN GX-DEVELOPER

5.Lakukan percobaan untuk Upload program dari PLC ke PC

Setelah kita tekan execute maka beberapa saat kemudian kita akan mendapatkan message untuk memasukkan password yang tadi kita telah setting. Jika password salah maka kita tidak akan bisa mengupload program ke PC.

Nah percobaan berhasil sekarang plc kita telah terproteksi dengan password yang telah kita setting.Password disini cuman 1 level saat upload dan download sedangkan untuk block programnya saya sendiri belum menemukan cara mempasswordnya.Karena beberapa software pemrograman PLC ada yang menyediakan password untuk upload dan download sekaligus untuk password masing masing block. Jadi semisal ada yang berhasil bobol password dan mengupload program kita dia perlu berfikir lagi membongkar password yang kita set di masing-masing block.

BACA JUGA : MACAM MACAM BAHASA PEMROGRAMAN PADA PLC

Sekian penjelasan mengenai "Cara mengunci Program PLC Mitsubishi dengan GX-Developer" semoga apa yang ditulis diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk menghargai buah pikiran setiap orang baik itu yang rumit maupun yang paling simple.Karena kita tidak pernah tau seberapa sulit orang berfikir untuk mendapatkan buah pikiran tersebut.Terimakasih, bilamana ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf. Jangan lupa tinggalkan kritik dan saran untuk kemajuan blog ini :).

Author : Sapto Triwibowo

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Anonim
    Anonim 16 Maret 2023 pukul 06.48

    Bagaimana membuka isi program klu lupa password nya...

Add Comment
comment url
How To,PLC