Advertisement here

cara merancang desain panel listrik

cara merancang desain panel listrik panel control,

panel control design ,panel control  motor listrik,harga box panel ,harga panel automatic transfer switch

Dalam dunia kerja kadang kala kita dituntut untuk memahami hal yang belum pernah kita ketahui sebelumnya dan untuk seorang teknisi instalasi listrik pasti kerjaannya gak jauh jauh dari panel contol. Entah ,itu panel kontrol untuk pabrikan apa ? dan untuk alat apa ?

pastilah pembaca sudah mengetahui apa itu panel control ? Atau panel listrik ?
Panel kontrol adalh sebuah wadah yang berisi kabel dan komponen komponen pendukung dalam keberlangsungan suatu transmisi dan controling listrik.
untuk lebih jelasnya tentang panel control anda dapat membaca :definisi panel control

panel control itu banyak sekali jernisnya ada panel sinkron genset ,panel kapasitor bank ,panel ats -amf dan banyak lainnya.Dan bagaimana cara membuatnya ?
nah semisal anda yang bakal membuat panel tersebut saya akan berikan tips tips cara merancang desain panel control.

PERTAMA
Anda harus menentukan panel apa yang akan anda buat ? dan anda harus menggambar desain dari indoor atau outdoor panel control.  semisal anda akan membuat panel control untuk penerangan atau untuk control koneksi bintan segitiga motor listrik.Tahap pertama ini sangatlah penting karena menyangkut kearah mana ide ide anda akan tertuang dalam sebuah panel artau bahasa umumnya adalah untuk mengetahui sebuah gambaran awal proyek yang akan anda kerjakan .

 KEDUA
Anda harus menentukan Besaran daya dari komponen yang akan anda control  sehingga nantinya  dapat ditentukan bilamana itu sebuah motor listrik harus di koneksi dengan jenis starting apa yang akan digunakan, apakah direct on line ?, start delta? atau menggunakan inverter?. Dan nantinya hal ini akan bertujuan untuk memudahkan kita dalam menentukan komponen pendukung yang harus digunakan seperti MCB ,TOR atau MC

 KETIGA
Anda harus menentukan Daya inputan incoming atau sumber yang digunakan. Hal ininantinya dapat memudahkan anda dalam menentukan daya tahan komponen atau instrumen pendukung controling.

KEEMPAT
Menentukan ukuran dari panel control . Hal ini sangat diperlukan karena agar dapat menghemat biaya yang dikeluarkan dan agar sinkron aja kalau dilihat. semisal ya ada sebuah panel conttrol untuk penerangan satu buah ruangan kecil, masa iya mau dibelikan panel segede lemari ?

KELIMA
Membuat daftar list komponen  & membeli komponennya .semisal anda mermbutuhkan MCB 10 buah , MC 4 buah dan semua itu harus anda rencanakan dengan matang dengan perhitungan baik secara teoritis maupun pengalaman.

KEENAM 
Merakit komponben di panel yang telah dibeli.Nah tahap ini adalah tahap terakhir dalam merancang desain sebuah panel control.anda tinggsl merakitnya dengan benar dan sesuai gambar kerja.Dan usahakan rapi mdalam menarik kabelnya ya ......

Nah sekian materi pokok dalam cara merancang desain panel control  semoga dapat bermanfaat bagi kita semua .ada kurangnya saya mohon maaf.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,How To,Instalasi,Motor Listrik,Tips