Advertisement here

Cara menggunakan Megger untuk mengukur tahanan isolasi


Cara Menggunakan Megger untuk mengukur tahanan isolasi

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan Megger untuk mengukur tahanan isolasi.

Apa itu megger ?

Banyak yang bertanya seperti itu kepada saya , Megger itu singkatan daripada Mega Ohm Meter.Alat ini bisa dibilang mirip Ohm meter akan tetapi megger ini khusus biasa digunakan untuk mengukur tahanan isolasi pada sebuah penghantar. Media yang diukur menggunakan megger itu dapat berupa kabel,busbar,atau penghantar lain yang digunakan untuk menghantarkan listrik dari suatu titik ke titik lain.
Jenis jenis megger
Megger dibagi dua jenis yaitu :
1.Megger engkol Megger dengan cara mengengkol untuk membangkitkan tegangan listrik untuk mengukur.

gambar megger tipe engkol (analog)
sumber : google.com
2.Megger digital
Megger dengan sumber daya baterai,baterai yang dipakai dapat diganti apabila sudah rusak atau soak.

gambar megger dengan tipe baterai (digital)
sumber : google.com



Dalam menggunakan megger ada hal hal yang perlu kita waspadai ...takut takut nanti kita kesetrum. Hal hal tersebut adalah sebagai berikut :

1.Skala ukur

Kita harus cermat dan teliti dalam menentukan batas Skala Ukur yang dipakai.Agar hasil pengukuran kita maksimal dan tidak sia sia maka Skala Ukur yang harus dipakai harus lebih besar dari alat yang diukur. Contohnya jika akan mengukur tahanan isolasi motor listrik 380V maka gunakanlah skala ukur megger yang lebih besar seperti 500 V.  Dan semisal mau mengukur tahanan isolasi penghantar 110V maka kita cukup memakai skala Ukur 250 V.

2.Kondisi Peralatan

Dalam tahap tahap mengukur tahanan isolasi , pastikan bahwa peralatan yang akan diukur dalam keadaan off kalau saklar ya berada pada kondisi terbuka atau tidak berfungsi dan tidak ada arus listrik yang mengalir dari cabang manapun.

3.Setelah Pengukuran

Apabila kawan kawan sudah selesai mengukur tahanan isolasinya jangan lupa untuk grounding kembali peralatan yang diukur tadi. Hal ini karena teknik pengukuran Megger adalah dengan menggunakan tegangan listrik yang apabila tidak digrounding akan mengakibatkan kita tersetrum pada saat mau menghubungkan kembali.

  Nah itu ya hal yang perlu di ingat atau diperhatikan.Untuk cara cara menggunakannya bisa simak cara dibawah ini :

gambar diagram pengawatan pemasangan megger
sumber : Google.com

1.Check baterai.
Tahap awal jika menggunakan megger tipe baterai maka,baterai pastikan masih ada.

2.Lakukan kalibrasi
Kalibrasi yang dilakukan saat posisi off jarum penunjuk harus tepat berimpit   dengan garis skala(jika dengan analog )Apabila memakai digital pastikan display(layar)menunjuk angka zero. Bila tidak tepat, atur pointer zero (10) pada alat ukur(analog)

3.Lakukan elektrikal zero check
Pasang kabel test pada megger terminal, serta hubung singkatkan ujung yang lain. Letakkan saklar pemilih di posisi 500. Letakkan saklar pemilih skala pada posisi skala 1. On-kan megger, jarum akan bergerak dan harus menunjuk tepat keangka nol, bila tidak tepat atur pointer.  Bila dengan pengaturan pointer tidak berhasil  (penunjukan tidak mencapai nol) maka baterai perlu dicek lagi.

4.Pasang kabel test ke peralatan yang diukur. Misalnya mau mengukur tahanan isolasi pada penghantar 3 Fasa ,R-S-T-N Maka bisa dibuat singkat seperti ini Sambung satu kabel ke N lalu yang satu di adjust ..hal itu bisa dilakukan agar pengukuran lebih cepat.

5.Pilih Skala Ukur
Jika menggunakan tipe digital tinggal putar selector switch dan posisikan saklar sesuai dengan ketentuan diatas tadi tentang hal yang harus diperhatikan.

6.On-kan megger, baca tampilan pada skalanya
Tinggal tekan (digitar megger) lalu lepas dan catat hasilnya ke tabel pengukuran dan pengamatan.

Apa Fungsi penghantar listrik dilakukan pengecekan tahanan isolasi ?

Fungsinya adalah agar kita tahu apakah isolasi pada penghantar tersebut sudah baik atau belum dan apakah terjadi kebocoran arus atau tidak.Standart dari pengukuran megger yang baik adalah minimal 1000 Ohm /Volt .Maka jika tegangan terpasang 380 V maka sekurang kurangnya tahanan isolasinya adalah 380 x 1000 = 380000 Ohm . Atau 0,38 MegaOhm... Jadi apabila lebih dari 0,38 Mega Ohm maka penghantar tersebut dalam kondisi yang baik.Perlu diketahui juga bahwa Batas minimum insulasi yang bisa ditolerir untuk pengetesan dengan tegangan 500 VDC adalah 0,5 Meg Ohm sedangkan dengan tegangan 1000 VDC adalah 1 Mega Ohm.

Jika dipastikan hasil sudah sesuai maka kita dapat melakukan Commisioning dari wiring kita dengan memasukan tegangan listrik ke penghantar yang kita wiring.

Nah sekian artikel mengenai "Cara menggunakan Megger untuk mengukur tahanan isolasi " Semoga bermanfaat dan kritik saran ditunggu dikolom komentar
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Unknown
    Unknown 19 September 2019 pukul 19.13

    Masukan aja, sajikan gambar keterangan cara kerja menggunakan alat megger

Add Comment
comment url
Dasar Listrik,How To,Instalasi,Tips