Advertisement here

Mengenal Apa itu Limit switch ?

Mengenal Apa itu Limit switch?


Sebelumnya saya membuat postingan tentang Mengenal Apa itu Analog dan Digital Input Output masih seputar itu kali ini akan saya bahas tentang contoh digital inputnya yaitu Limit Switch

Apa itu Limit Switch ?

Limit Switch atau biasa disebut saklar batas adalah saklar  yang memiliki tuas aktuator yangmana tuas tersebut digunakan untuk merubah posisi kontak terminal.  Perubahan kontak akan terjadi apabila tuas aktuator  dikenai gaya oleh suatu objek. Seperti halnya saklar pada umumnya, limit switch mempunyai 2 kondisi, yaitu on atau off alir arus listrik atau biasa disebut bool

Akan tetapi  sistem kerja alat ini berbeda dengan saklar biasa, jika pada saklar umumnya sistem kerjanya akan dikontrol secara manual baik secara push atau tarik atau juga tuas. Sedangkan Limit switch ini didesain dengan sistem kerja yang berbeda, limit switch dibuat dengan sistem kerja yang dioperasikan dengan pemberian suatu gaya gerakan yangmana gaya  gerakan suatu objek pada Limit Switch tersebut membuat perubahan kontak ,sistem kerja ini bertujuan untuk pembatasan gerakan ataupun mengontrol suatu objek atau mesin tersebut dengan cara pemberian sinyal 0 atau 1 melalui terminal kontaknya.


Limit switch mempunyai terdiri atas macam macam jenis atau tipe  yangmana disesuaikan dengan kebutuhan pengoperasiannya di suatu project walaupun begitu beberapa jenis dan tipe tersebut prinsip dasarnya sama.

Limit Switch biasa digunakan untuk apa ?
Untuk Pengaplikasiannya Limit switch biasa digunakan pada aplikasi seperti:

Pintu gerbang otomatis Pada Aplikasi ini Limit Switch digunakan untuk mengontrol matinya motor listrik sebelum pintu gerbang itu menabrak pagar pembatas saat membuka atau menutup.

Pada pintu panel listrik sebagian dari kita kadang tidak menyadari bahwa Limit Switch dapat juga digunakan untuk membuat otomatis apabila pintu panel dibuka maka lampu akan nyala.

Pada bagian depan mesin sebagai safety apabila cover dibuka maka mesin akan mati.

Pada Conveyor biasanya digunakan untuk mengatur posisi motor bekerja Putar kanan atau kiri


Semoga artikel tentang "Mengenal Apa itu Limit Switch " dapat bermanfaat bagi kita semua

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,How To,PLC,Tips