Advertisement here

Cara Memasang MCB Yang Baik dan Benar

Cara Memasang MCB Yang Baik dan Benar
Cara Memasang MCB 1 Fasa , Cara Memasang MCB 3 Fasa,Cara Memasang MCB tambahan di rumah sendiri

Miniatur Circuit Breaker atau biasa disebut MCB merupakan suatu alat yang banyak digunakan sebagai pengaman dari sebuah instalasi.Instalasi yang diamankan beraneka ragam dan termasuk instalasi rumah kita juga wajib dipasang MCB.Bagi kalian yang belum pernah melihat MCB kalian bisa melihatnya secara langsung di KWH rumah kalian.Tapi ingat jangan diotak atik ya ,Karena bisa merusak segel dan kena denda dari pihak PLN.

MCB memiliki beberapa jenis disini ,ada MCB khusus untuk listrik 1 Fasa ,Ada MCB untuk Listrik 3 Fasa .Dari beberapa jenis tersebut,kalian tidak perlu bingung karena pada dasarnya prinsip kerjanya sama yaitu mengamankan instalasi.

Batas Ampere

MCB itu sendiri mempunyai batas kemampuannya ,jadi dia akan trip atau bekerja apabila beban listrik yang kita pakai melebihi beban listrik yang kita pasang.Sebagai contoh kita memasang listrik 900VA maka jelas MCB yang dipakai adalah 4A  dan MCB ini akan bekerja jika kita menggunakan listrik melebihi beban 900VA tersebut.

Baca Juga :Cara Memasang ELCB yang Baik dan Benar

Dari PLN biasanya kita diberikan satu buah MCB untuk pengembangan yaitu letaknya setelah MCB yang ada di KWH.Dari sinilah kita bisa mencoba untuk memasang masang listrik ke berbagai titik rumah kita.Kita bisa mencoba memasang Saklar ,Kotak kontak ke titik titik yang akan kita beri atau pasang peralatan listrik.

Memasang MCB sendiri di rumah sebenarnya tidaklah sulit ,Bahkan orang awam pun yang tidak tahu menahu tentang listrik jika diajari pasti langsug bisa . Kenapa ? ya karena mudah dipahami
Akan tetapi sebelum kita mencoba untuk memasang sendiri MCB dirumah anda harus memastikan bahwa MCB yang beraada di KWH harus berada dalam posisi off dan Hal yang wajib kita tahu juga adalah jenis atau warna kabel.

Kabel yang masuk ke MCB adalah kabel Fasa atau kabel yang ada tegangannya,sedangkan kabel yang masuk ke selain MCB itu ada 2 Yaitu kabel Netral dan Kabel Grounding.Kabel netral biasanya bewarna biru dan Grounding Bewarna Kuning strip hijau dan Fasa bisa bewarna hitam atau merah ataupun coklat.

gambar diambil dari google 
Contoh gambar MCB 1 fasa beserta Box MCB

Gambar diatas ini merupakan 2 buah MCB satu fasa yang dipasang pada Box MCB bisa kita lihat bersama bahwa yang kabel biru itu adalah kabel netral yang masuk MCB itu Kabel Fasa dan Yang bewarna kuning strip hijau itu adalah kabel Grounding.

Lalu ,Bagimana Cara memasangnya ?

Sebagai contoh saya umpamakan anda akaan mengganti MCB yang ada di Rumah anda dengan yang baru Karena MCB tersebut sudah cukup lama dan anda ingin menambah beberapa MCB baru lagi untuk pompa air.

Cara memasangnya
Pertama anda harus menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
1.MCB 1 Fasa
2.Obeng kombinasi (+) dan (-)
3.Tespen
4.Tang Potong
5.Kabel NYM isi 3

Langkah –Langkah Pemasangan MCB

1.Mematikan MCB yang berada di KWH

Ini adalah hal yang wajib anda lakukan pada saat ingin memasang sendiri MCB di rumah.Ini dilakukan demi keamanan anda sendiri.Lebih baik lagi jika anda menggunakan sepatu safety jika anda tidak mau menonaktifkan MCB yang berada di KWH.Ada baiknya setelah menonaktifkan MCB anda juga memasang kertas bertuliskan “sedang perbaikan” atau kata kata sejenisnya untuk berjaga jaga bilamana ada yang tiba tiba mengaktifkan MCB KWH saat anda sedang memasang MCB.

2.Melepas kabel yang berada pada MCB lama

Kabel yang dilepas cukup hanya kabel yang ada di dalam kontak MCB  yang berasal dari KWH dan yang ke peralatan peralatan anda saat ini.Tidak perlu anda melepaska kabel netral atau kabel Ground yang ada.

3.Memasang MCB anda yang Baru ke Box MCB

MCB anda yang baru tadi bisa langsung anda pasang ke Box MCB anda dan jika MCB yang anda pasang lebih dari satu maka anda perlu menjumper inputannya.Jadi anda harus tau mana kabel yang berasal dari KWH dan mana kabel yang akan masuk ke peralatan peralatan anda.

4.Kupas kabel dan Pasang Ke MCB

Setelah anda mengetahui mana kabel yang dari KWH dan mana kabel yang  menuju ke peralatan anda maka anda dapat menjumpernya di bagian input (Kabel yang dari KWH).Jadi kabel yang dari KWH anda masukan ke dalam MCB 1  kemudian  anda sambung lagi ke MCB 2.

5.Tarik Kabel ke Beban

Anda perlu menarik kabel yang anda mau pasang untuk pompa tadi .Pastikan kabel yang anda pakai ukurannya sesuai dengan KHA (kemampuan Hantar Arus) dari beban listrik rumah anda.

6.Cek Penyambungan Kabel ke MCB

Anda perlu mengecek kembali apakah kabel yang anda sambungkan ke MCB tersebut sudah kokoh dan kuat.Anda bisa menarik nariknya dengan tangan anda.

7.Setelah selesai ,onkan MCB kwh

Setelah Pengecekan kekokohan dan kebenaran pemasangan sudah dilakukan maka anda bisa mengaktifkan MCB yang dari KWH dan anda bisa cek apakah tegangannya sudah masuk ke MCB yang baru anda pasang tadi ? Nah , jika sudah Masuk maka pemasangan MCB anda kali ini berhasil.
Selamat !!!!

Untuk pemasangan MCB 3 Fasa ,Langkah langkahnya sama akan tetapi anda perlu memasang Kabel R-S-T ke masinng masing kontak MCB.

Selamat mencoba Bagi anda yang belum pernah memasang MCB sendiri di rumah.Semoga ulasan yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Jika anda menemui suatu kendala anda dapat bertanya kepada saya melaui Facebook atau Email.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,How To,Instalasi,Tips