Advertisement here

Apa Itu KWH Meter?

Apa Itu KWH Meter?

Pembahasan mengenai Kwh meter ,Fungsi dari Kwh meter serta Perbedaan Kwh Prabayar dan PascaBayar

Kwh Meter itu adalah sebuah alat yang biasa digunakan untuk mengukur besarnya listrik yang kita pakai sehari-hari.Kwh ini bukan hanya mengukur akan tetapi juga mencatat ,Kenapa bisa dibilang mencatat ? Karena dengan Kwh ini kita dapat melihat hasil listrik yang  telah kita pakai dalam beberapa waktu kebelakang.

Sebagai Seorang Teknisi Instalasi Listrik pastilah sudah familiar dengan Alat ini . Sebagian dari kita yang sudah fokus memahami ilmu listrik sejak sekolah pasti akann diberi tahu tentang Prinsip kerja dari alat ini.

Karena Alat ini sangat sering error dan errornya banyak sekali macamnya,tapi kebanyakan hal hal yang simpel simpel.

        Baca  Juga : Penyebab Gagal Isi Token Listrik
                              Cara Memasang ELCB pada rumah kita

Pemasangan daripada Kwh ini dapat kita tengok di rumah kita sendiri ,Biasanya dipasang pada depan rumah da pemasangannya seringkali di tanam pada sebuah tembok.

Kenapa harus ditanam ke tembok?
Ini karena Kwh ini harus dipasang sesuai PUIL dan sesuai dengan tingkat kekokohannya dari berbagai kemungkinan kemungkinan yang terjadi.

Kwh yang berada di rumah kita itu ada 2 tipe yaitu kwh dengan tipe Prabayar dan Kwh tipe Pascabayar

Apa Perbedaanya ?
Sebenarnya cukup kompleks ya perbedaanya baik dari segi fisik serta dari segi cara kita menggunakannya dan membayar tagihannya.

Kwh dengan Tipe PascaBayar ini kita membayar biasanya melalui Kantor Pos dan dibayar selama sebulan sekali.

Jika Kwh dengan tipe Prabayar ini kita dituntut untuk membayar dulu baru dapat menikmati listrik yang sudah terpasang.Biasanya Kwh jenis ini membayar dengan Pulsa atau Token.

Perlu diingat dan sekedar saran jika anda menggunakan Kwh dengan tipe Prabayar pastikan bahwa instalasi yang kalian pasang itu benar benar betul.Jika tidak misalnya kita memasang Kabel Netral maka pastikan betul bahwa kabel netral itu tidak menempel pada Ground.

Jika menempel dengan Ground maka pada jenis atau merek Kwh tertentu ia akan mengalami sebuah error yaitu muncul tulisan periksa.

Usut punya usut ternya itu dikarenakan ada arus yang mengalir ke bumi .

Berbeda jika kita menggunakan Kwh dengan Tipe Pascabayar maka kita tidak perlu terlalu khawatir akan pemasangannya karena sejauh ini jika Kabel Netral dan Ground pada Kwh jenis Prabayar ni digabung tidak memberi efek yang berarti.

ini adalah contoh gambar kwh meter prabayar merk hexing 


ini adalah contoh gambar Kwh meter tipe pascabayar 


Cara Kerja KWH Meter

  Kwh meter ini terdiri dari 3 buah kumparan yaitu masing masing kumparan tersebut mempunyai ciri-ciri masing masing yaitu :
ada satu Kumparan yang mempunyai Koil dengan diameter tipis dan ada 2 Kumparan yang mempunyai Koil Tebal.Selain Kumparan di dalam sebuah Kwh Meter juga terdapat Magnet permanen.Magnet ini digunakan untuk menetralkan alumunium dari induksi medan magnet.

Piringan Alumunium pada Kwh ini akan terinduksi karena adanya arus dari beban yang melewatinya dan sehingga menghasilkan  suatu fluksi bolak balik..

Akibat dari hal tersebut maka terjadilah suatu Eddy Current dan timbul suatu tegangan.
Kumparan tegangan pada Kwh Meter ini juga menghasilkan suatu fluksi juga sehingga dapat
kita ambil suatu kesimpulan bahwa pada piringan tersebut ada gaya dan resultanyang membuatnya bisa berputar.

Torsi daripada putaran piring tersebut sebanding dengan Fluks dan juga Arus serta Cosinus sudut dintara Fluks dan arus tersebut.Dari hal ini kita dapat pahami bahwa torsi dari putaran ini akan sebanding dengan daya aktif yang diberikan menuju beban.

Jadi semakin banyak kita menggunakan listrik maka putaran dari piring alumunium itu akan lebih cepat dan karena hal itu maka Kwh akan lebih cepat juga mencatat pemakaian listrik kita(Jika Kwh Pascabayar).

Perhitungan daripada pembayaran Listrik dari rumah rumah kita adalah dengan cara mengalikan
Besarnya pemakaian listrik dengan Tarif dasar Listrik dari golongan Kwh Kita.Masih ditambah lagi dengan pajak yang harus kita bayar.

Untuk dapat mengetahui Tarif Dasar Listrik Saat ini anda dapat membaca juga Artikel Tentang  Tarif Dasar Listrik yang telah saya buat sebelumnya.

Sekian Artikel tentang Definisi dari Kwh Meter Serta Cara Kerjanya ,Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga banyak yang terbantu dengan artikel ini.

Jika anda merasa ada kesalahan tentang Artikel ini ,Saya mohon maaf dan bila berkenan anda dapat menghubungi saya agar saya dapat secepatnya memperbaikinya.

Terimakasih...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik