Advertisement here

Pemahaman Tentang Pengertian dan Fungsi dari Transformator

Pemahaman Tentang Pengertian dan Fungsi dari Transformator




Pada Kesempatan Kali ini saya akan sedikit membahas tentang Pengertian ,Fungsi dari Transformator listrik.Sebagai pengguna energi listrik kita harus mau sedikit demi sedikit belajar mengenai teori teori kelistrikan.

Jika kita mengamati pada pelajaran pelajaran waktu kita bersekolah kita telah banyak dikenalkan tentang rumus rumus kelistrikan.Salah satu dari rumus tersebut adalah rumus tentang Transformator .Kalau tidak salah ini berada pada materi pelajaran Fisika bagian tegangan.

Tegangan sangat erat kaitannya dengan transformator karena pada dasarnya transformator yang paling banyak kita bisa lihat adalah transformator tegangan.Kita bisa menjumpai transformator ini pada rangkaian rangkaian elektronika ,atau juga pada suatu kontrol dari sebuah mesin.

#Pengertian Transformator

Transformator ini adalah sebuah komponen listrik yang digunakan untuk menaikkan dan menurunkan suatu tegangan dengan menggunakan prinsip teori listrik induksi elektromagnetik.Misalnya kita mempunyai sumber tegangan listrik AC 250V dan kita ingin menggunakan suatu alat yang hanya menggunakan tegangan sumber 50V,Pada tahap ini maka kita memerlukan suatu komponen listrik yang bernama Transformator ini.

Tidak hanya Menurunkan suatu nilai dari sebuah tegangan, si transformator ini juga dapat digunakan untuk menaikkan suatu level tegangan.Misalkan kita mempunyai sumber tegangan listrik 250V AC dan kita akan menggunakan  suatu komponen dengan tegangan kerja 450V maka kita juga dapat menggunakan transformator ini.

Trafo yang biasa kita gunakan untuk menaikan suatu tegangan biasa disebut dengan Trafo Step Up
Sedangakan untuk Trafo yang sering digunakan untuk menurunkan nilai tegangan maka biasa disebut dengan Trafo Step Down.

Jika pada dunia elektronika Trafo ini ada yang menggunakan CT dan ada yang tidak menggunakan CT.Center Tap ini biasanya digunakan untuk membantu mencari nilai tegangan
untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel saya yang berjudul Trafo CT dan Trafo Non CT
disana saya sudah membahas tentang perbedaan dari keduanya.

Perlu diketahui bahwa prinsip dari transformator ini sangatlah berpengaruh pada proses pendistribusian tenaga listrik yang dilakukan oleh PLN.Pada dasarnya PLN juga menggunakan prinsip penaikan dan penurunan tegangan.

Jika kita ingin melihat si transformator ini kita dapat membongkar adaptor handphone kita.Setelah dibuka kita bisa analisa bahwa tegangan yang ada pada sumber akan di turunkan terlebih dahulu sebelum tegangan tersebut disearahkan dengan menggunakan dioda.

#Prinsip Kerja Transformator

Prinsip Kerja dari Transformator ini sangat mudah untuk kita pahami,si transformator ini menggunakan prinsip induksi elektromagnetik.Jadi kita bisa lihat pada trafo ini ada 2 Kumparan yaitu Kumparan Primer dan Kumparan Sekunder.Nah jika terdapat suatu sumber listrik yang masuk maka akan terjadi sebuah fluks magnet.Fluks magnet ini akan menginduksi GGL atau Gaya Gerak Listrik yang ada dalam Kumparan Sekunder.

Lempengan besi yang berada pada sebuah Trafo ini terdiri atas lapisan lapisan .Hal ini di maksudkan agar memudahkan jalannya fluksi magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik pada sebuah kumparan.
Tidak hanya itu lempengan ini juga berfungsi untuk mengurangi suhu panas yang ditimbulkan dari proses kerja si transformator ini.

Jumlah Kumparan atau lilitan pada bagian Primer dan Sekunder juga akan mempengarui besaran tegangan listrik yang dikeluarkan dari Kumparan Sekunder.


Sekian pembahasan mengenai Pengertian dan Fungsi dan Prinsip Kerja dari Transformator 
Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Saya mohon maaf jika ada kekeliruan tentang pembahasan artikel ini,jika anda berkenan anda dapat menghubungi saya dan saya akan segera memperbaikinya.

Terimakasih.....
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik