Advertisement here

Macam Macam Kompresor

Macam Macam Kompresor - Kompresor merupakan suatu alat yang biasanya digunakan untuk meningkatkan tekanan atau menyimpan suatu fludia gas atau udara.Berbicara Tentang Kompresor ini sebenarnya sangat luas cakupannya.

Penggerak pada sistem kompresor terdapat beberapa jenis yang pasti sesuai dengan kebutuhan kita.Untuk saat ini kebanyakan yang dijual dipasaran adalah Kompresor dengan Penggerak Mesin Bensin , Motor Listrik dan Juga Motor Diesel.

Kegunaan dari Kompresor ini berbagai macam,Contohnya kita bisa menggunakannya untuk sistem Pneumatik ,Pengecatan ,Pengelasan ,Pengisian angin ban ,dan juga Gerinda udara.Secara garis besar prinsip kerja daripada Kompresor ini hampir sama dengan Prinsip kerja Paru-Paru pada manusia.

             Baca Juga : Prinsip dan Cara Kerja Pneumatik

Jenis Jenis Kompresor

Secara umum Kompresor di pasaran itu terdiri dari dua jenis yaitu :

  1. Kompresor Perpindahan Positif
  2. Kompresor Dinamis
Mari kita ulas satu persatu 

#1 Kompresor Perpindahan Positif 

Kompresor perpindahan positif  ini tekanan gas atau udaranya bisa bertambah dengan cara mengurangi volume gas yang dihisap masuk ke dalam silinder. Adanya gaya yang diberikan penyekat pada gas atau udara akan mengakibatkan terjadinya kenaikan tekanan yang akan memaksa gas atau udara tersebut keluar melalui katup buang.

Kompresor Perpindahan positif ini masih terbagi menjadi 2 lagi kawan
  1. Kompresor Rotary (Rotary Compressor)      
  2. Kompresor Piston (Reciprocating  Compressor)

1.Kompresor Rotary
Kompresor Rotary atau Rotary Screw Compressor adalah sebuah Kompresor yang termasuk dalam Kompresor Perpindahan Positif,Biasanya Kompresor jenis ini digunakan untuk menggantikan Kompresor jenis Piston.Hal ini dilakukan karena tuntutan dari penyediaan tekanan udara itu sendiri.Biasanya Rotary Screw Kompresor ini menangani udara yang bertekanan tinggi dengan Volume yang besar.
2.Kompresor Piston
Kompresor Piston ini terbagi lagi menjadi 3 jenis yaitu :

-Kompresor Piston kerja tunggal
-Kompresor piston kerja ganda
-Kompresor Diafragma

Mari kita ulas satu persatu

1.Kompresor Piston Kerja Tunggal
                                                 

Kita bisa lihat gambar diatas bersama sama ,dari gambar tersebut kita bisa ambil sebuah kesimpulan bahwa Kompresor Piston Kerja Tunggal ini akan membuat isi tabung kompresor terisi apabila Posisi piston pada Posisi awal sehingga pada tahap ini akan ada banyak udara yang bergerak masuk ,dan Ketika piston pada posisi maju maka udara akan bergerak keluar.

2.Kompresor Piston Kerja Ganda
                                            

Pada Kompresor Piston Kerja Ganda ini kita dapat lihat bersama bahwa prinsip kerjanya menyerupai Kompresor Piston Kerja Tunggal ,Hanya saja Piston Kerja Ganda ini mempunyai Inlet dan Outlet yangmana ini akan membuat Kompresor Lebih cepat terisi dan Tekanan Kompresor akan cepat naik atau tinggi.Hal ini disebabkan pada saat maju dan mundurnya piston dia tetap menarik udara.

3.Kompresor Diafragma
                                          

Pada kompresor Diafragma ini kita bisa ambil kesimpulan bahwa prinsip kerjanya mirip dengan piston yang membedakannya adalah diafragma ini menggunakan membran yang fleksible untuk menarik udara masuk dan memprosesnya ke Tabung penyimpanan udara pada kompresor.

#2.Kompresor Dinamis

Kompresor dinamis adalah sebuah Kompresor yang bekerja dengan cara memindahkan energi pada sudut dengan metode dasar pembelokan aliran yang mana berakibat menjadi energi kinetik dalam kompresor akan bertambah  seiring  kecepatan alirannya bertambah. Proses ini terjadi pada bagian yang bergerak atau biasa  disebut impeler.
Setelah impeler tersebut terlewati , gas tersebut akan dilewatkan ke rumah kompresor itu sendiri yang biasanya berbentuk volut.Dampak dari bentuk rumah kompresor ini yaitu akan menurunkan kecepatan aliran gas atau bisa disebut mengubah energi kinetik menjadi energi tekanan.
Kompresor dinamis ini terbagi menjadi 2 yaitu :
  1. Kompresor Sentrifugal 
  2. Kompresor Aksial
1.Kompresor Sentrifugal 

Kompresor Sentrifugal adalah kompresor yang memanfaatkan gaya sentrifugal dari impeler untuk membuat kecepatan  aliran fluida udara bertambah,kemudian Kecepatan aliran fluida udara tersebut diubah menjadi peningkatan potensi tekanan  dengan memperlambat aliran melalui diffuser.

2.Kompresor Aksial

Kompresor Aksial adalah  kompresor yangbekerja dengan cara  berputar secara dinamis menggunakan serangkaian kipas airfoil untuk menambah tekanan pada aliran fluida udara. Aliran udara yang masuk akan mengarah keluar dengan cepat tanpa perlu dilemparkan ke samping seperti yang dilakukan kompresor sentrifugal. Kompresor aksial ini banyak sekali digunakan pada industri industri teknologi turbin gas/udara seperti mesin jet, mesin kapal kecepatan tinggi, dan pembangkit listrik dengan daya kecil.



Sekian dulu artikel mengenai Macam macam Kompresor semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang membutuhkan informasi seputar macam macm kompresor.

Apabila ada salah dari postingan ini saya mohon maaf ,Segera hubungi saya agar saya bisa cepat memperbaikinya.

Terimakasih.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Motor Listrik