Advertisement here

Mengenal Apa itu Panel Kapasitor Bank ?

Mengenal Apa itu Panel Kapasitor Bank,

capasitor bank ,kegunaan kapasitor bank ,cara menghitung kebutuhan kapsitor bank,cara pemasangan panel kapasitor bank

Apa itu kapasitor bank atau bank kapasitor ?
Bagi seorang teknisi yang bekerja di perusahaan yang besar pastilah tak asing lagi dengan panel yang satu ini.Pabel kapasitor bank adalah panel yang letaknya dapat bersamaan atau satu tempat dengan Panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel ) karena secara fungsional panel ini juga berhubungan langsung dengan catu daya atau trafo dari PLN.

Kenapa Harus dipasang sebuah Panel Kapsitor bank ?
Karena pada dasarnya komponern komponen yang digunakan oleh konsumen adalah beban induktif yaitu beban yang terdapat pada Motor Listrik , Lampu TL , AC , kipas angin dan yang lainnya. Patokan kalo untuk saya ya apabila ada sebuah kumparan dapat dipastikan beban tersebut adalah beban Induktif.
Nah , dari beban induktif tersebut agar kita atau anda tidak terkena denda karena cos phi yang turun atau kurang dari 0,85 maka dibutuhkan sebuah bank capasitor (kumpulan beberapa capasitor yang dimasukan kedalam sebuah panel dan dapat dikontrol sedemikian rupa oleh manusia atau otomatis ).

Bagimana cara pemasangan Panel Kapsitor bank ?
Cara pemasangannya dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu :
 1. Terpusat, kapasitor ditempatkan pada:
  • Sisi primer dan sekunder transformator
  • Pada bus pusat pengontrol
2. Terbatas, kapasitor ditempatkan pada:
  • Feeder kecil
  • Pada rangkaian cabang
  • Langsung pada beban
Apa kegunaan dari Panel Kapasitor Bank ?
  1. Menghilangkan denda / kelebihan biaya (kVARh)
     Denda memang tak mengenakan ya  ? nah maka dari itu lebih baik kita memasang bank kapasitor .ya walaupun harganya yang lumayan tapi kedepannyA pasti sangat bermanfaat.

      2,Menghindari kelebihan beban transformer / trafo (overload)
 Trafo akan bisa terjadi Overload apabila beban yang terpakai melebihi batas beban yang terpasang.

       3.Menghindari kenaikan arus / suhu pada kabel
Kita ketahui bersama apabila kenaikan Arus Listrik yang drastis dapat mengakibatkan kabel ngevonk atau terbakar karena tidak sesuai dengan kemampuan Hantar arus (KHA)
         4.Memaksimalkan pemakaian daya (KVA)
Dengan panel ini maka kita dapat memaksimalkan daya yang kita pasang . semisal kita memasang daya 15KW maka kita dapat memakai secara maksimal daya tersebut,

        5 .Menghemat daya / efisiensi
Daya memang harus kita hemat .bagaimana tidak apabila kita tidak efisiensi dalam pemakaian listrik maka kita akan membayar tagihan listrik yang cukup drastis.

          6.Menghindari voltage drop pada line end
Drop Voltage adalah tengangan yang turun atrau drop secara drastis kalau untuk rumah rumah biasa yang menggunakan listrik biasa Drop Voltage biasanya terjadi pada saaat Beban Puncak yaitu sekitar jam 18:00 WIB nah tapi ini beda lagi karena drop voltage ini berada di line end.
           7.Mengamankan instalasi dan peralatan elektrik
Selain untuk menghemat dan memaksimalkan daya .Panel ini juga dapat difungsikan atau digunakan untuk mengamankan instalagi dan peralatan elektrik.

Dari pernyataan diatas dapat diketahui b ahwa tidak ada ruginya bagi kita memasang sebuah panel kapasitor bank karena kegunaannya macem macem ya.

Sekian Postingan saya tentang  "Mengenal Apa itu Panel Kapasitor Bank ? " semoga dapat bermanfaat bagi kita semua


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Instalasi,Tips