Advertisement here

Mengenal macam macam Sensor Keamanan pada lift

Mengenal macam macam Sensor Keamanan pada lift

komponen lift beserta fungsinya,alat pengaman lift


Siapa sih yang belum pernah naik lift?
bagi sebagian orang yang menggeluti dunia perkantoran yang cukup besar pastilah tidak asing lagi dengan yang namanya lift.Hampir kebanyakan gedung gedung bertingkat memakai sebuah lift sebagai alat yang memudahakan naik atau turun gedung.

Apakah anda tau berbagai macam alat pengaman yang ada pada lift yang anda naiki tersebut ?
Sebagai suatu sistem ,seperti halnya pada alat pada umumnya memiliki standar laik operasi dan pengaman yang mewadai dan dari suatu teori tersebut berlaku juga di Lift yang kita pakai .
Beberapa alat yang digunakan sebagai sensor pengaman pada lift aadalah sebagai berikut :
  1. Governor
Apa itu Governor ?
Governor merupakan sebuah alatyang digunakan  untuk mengatur kecepatan lift. Alat ini  memiliki 2 jenis sistem keamanan lift. Yang pertama adalah secara elektrik dengan cara melakukan pemutusan kerja motor lift dari panel kontrol (PLC / SMARTRELAY). Dan cara yang kedua adalah secara mekanis melalui sebuah perintah kepada rem khusus yang ada dibawah kabin untuk berhenti, maka dari itu alat ini harus secara paralel dengan brake di bawah kabin lift.


  1. Sensor Overload system
Apa itu Sensor Overload system ?
Sensor Overload system adalah sensor yang  mendeteksi berat ideal dari batas kapasitas angkut lift. Seperti yang anda ketahui bahwa sensor ini akan berbunyi bila keadaan di dalam lift sudah melebihi beban yang ditetapkan.  Autonics adalah salah satu yang menyediakan sensor berat ini untuk kebutuhan lift.

  1. Emergency Switch
Alat ini merupakan alat yang biasanya digunakan pada keadaan keadaan darurat dan dioperasikan dengan cara manual seperti halnya pushbutton.Cara kerja alat ini yaitu memutus aliran listrik yang menggerakan motor listrik lift.

  1. Safety block
Safety block atau yang biasa disebut sebagai dumper merupakan sebuah perangkat keamanan yang mampu menahan pada keadaan darurat seperti kabin jatuh. Sehingga pemasangannya biasa diletakkan di bagian bawah ruang luncur.

  1. Sensor auto lift
Secara umum, penggunaan berbagai sensor auto lift ini adalah untuk  kegiatan operasional seperti emergency upper/lower switch, level sensor serta low speed sensor,limit switch Akan tetapi, bila dalam keadaan darurat berbagai sensor ini juga akan berfungsi sebagai pengamanan tambahan.

  1. Switch pintu
adalah sebuah sensor yang mendeteksi gerakan, diletakkan di depan pintu lift yang bertujuan agar tidak terjadi kecelakaan seperti terjepit pintu lift dan lain-lain.



  1. Wire tension safety
biasa juga disebut Tension Switch, Sensor ini amatlah penting  karena mampu mendeteksi ketegangan dari seling atau tali penyangga lift. Bila tali tersebut mengalami peregangan, maka sensor akan langsung mendeteksi dan mematikan sistem dan langsung memberikan sinyal tanda error pada display didalam lift.
  Nah sekian artikel tentang "Mengenal macam macam Sensor Keamanan pada lift " semoga bermanfaat


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Motor Listrik,Tips