Advertisement here

Mengenal fungsi CT (Current Transformer ) pada pengukuran Arus Listrik

Mengenal  fungsi CT (Current Transformer ) pada pengukuran Arus Listrik 

Apa itu Current Transformer ?
Banyak para teknisi yang sering bilang CT ampere atau trafo arus pada dasarnya trafo ini sama dengan VT atau Potensial Transformer , sama sama memiliki Lilitan Primer dan Lilitan Sekunder.
dari lilitan ini terdapat suatu perbandingan atau rasio yang biasanya sudah dapat kita ketahui melalui nameplate trafo tersebut.

Apa fungsi dari CT Ampere ini ?
Fungsi dari trafo ini tentunya ada dua menaikkan Arus atau STEP UP dan menurunkan Arus atau STEP DOWN ,dalam pengaplikasiannya trafo ini sering juga dipakai untuk alat bantu pengukuran Arus Listrik.

Bagaimana caranya ?
Caranya dengan memasang sisi Primer ke Busbar atau kabel atau penghantar lain yang mau kita baca Arusnya. , Lalu kita pasang sisi sekunder trafo ini  ke Amperemeter ataun alat ukur Arus Listrik.

Seperti apa wujud dari CT ini ?
nah,lebih kurang wujudnya seperti itu.

Bagaimana cara membacanya ?
Cara membacanya kita harus lihat terlebih dahulu CT yang kita pasang pada busbar sebagai contoh gambar diatas saya umpamakan terhubung dengan CT 500/50 ,Jadi semisal jarum pada Amperemeter tersebut mengarah pada angka 10 maka pada realitanya sudah ada 100 A nilai arus yang terbaca.

Apa keuntungan memakai CT itu sendiri ?
Keuntungannya Amperemeternya awet gitu aja ya , kan gak mungkin arus yang  beratus ratus ampere dapat terbaca dengan ampere meter tanpa bantuan dari Current Tranformator ini .pastilah akan langsung hangus.

sekian ulasan saya terntang "Mengenal  fungsi CT (Current Transformer ) pada pengukuran Arus Listrik  " semoga dapat bermanfaat


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Instalasi,Tips