Advertisement here

Mengenal Rangkaian Balik Putaran Motor listrik 3 Fasa

Mengenal Rangkaian Balik Putaran Motor listrik 3 Fasa

Bagi para teknisi memang sudah tidak asing lagi dengan  Rangkaian Balik Putaran Motor listrik 3 Fasa , mereka juga sering menyebutnya dengan Rangkaian Forward Reverse dalam versi bahasa  inggris.

Apa itu yang dimaksud membalik putaran pada motor listrik 3 Fasa ?
Membalik  putaran pada motor pada dasarnya adalah menggeser urutan fasa dari R,S ,T menjadi T,S,R atau yang lainnya, maka wajib diperhatikan urutan fasa pada sumber listrik yang akan dipakai.
Membalik putaran diperlukan karena tidak semua peralatan yang menggunakan motor listrik harus berputar ke kanan saja (forward ) atau kekiri saja (reverse ).

Dimana kita bisa menemukan pengaplikasian Rangkaian balik putaran ini ?
Kita sering sekali menemukan aplikasi dari rangkaian ini contohnya kalau kita masuk ke apartemen dan melihat lift , nah lift tersebut merupakan pengaplikasian dari rangkaian Forward Reverse ini. karena ada dua pilihan pada saat kita naik lift . kita mau naik ke tingkat berapa atau turun ke tingkat berapa ? , ya kan ?
contoh lain dapat ditemukan lagi pada pintu gerbang yang membuka dan menutup secara otomatis.

Seperti apa Rangkaian dayanya ?
Rangkaian daya sangat diperlukan pada rangkaian ini karena tanpa rangkaian daya maka motor kita gak bisa berputar ... hehe maka dari itu kita harus merakit rangkain daya ini pada Magnetic Contactor bagian kontak utama 


kita bisa lihat dari gambar diatas ada fasa dari sumber yang dibalik kan  ? . KF disitu artinya Kontaktor Forward dan KR disitu artinya Kontaktor Reverse.

Bagaiman dengan Rangkaian kontrol dari Motor balik putaran ini ?
Dari gambar diatas dapat kita deskripsikan seperti berikut :

Pada saat MCB satu fasa dinaikan maka arus listrik mengalir menuju kotak NC TOR ,PB Stop dan dari PB Stop ini apabila kita menekan PB Start 1 maka kontakor  1 akan  berkerja dan jika disepakati kontaktor 1 itu adalah KF maka motor listrik 3 fasa akan berputar ke kanan , dan itu juga berlaku pada saat kita menenkan PB Start 2 . namun jika kita mau menekan PB Star 2 maka kita harus mematikan dulu arus yang mengalir pada kontaktor  1 karena disitu terdapat Kontak NC berlainan dia atas masing masing kontaktor. karena rangkain ini adalah rangkaian Interlock atau Bergantian.
Itu adalah Rangkaian kontrol motor listrik versi manual kita bisa mengkombinasikan dengan timer jika diinginkan motor listrik balik putar secara otomatis.


sekian ulasan saya tentang "Mengenal Rangkaian Balik Putaran Motor listrik 3 Fasa" ada kurangnya saya mohon maaf semoga bermanfaat .

*Kritik dan Saran silahkan tulis di kolom komentar

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Motor Listrik,Tips