Advertisement here

Mengenal apa itu Radio Frequency IDentification (RFID)

Mengenal apa itu Radio Frequency IDentification (RFID)





Apa itu RFID ?
Sebagian orang pastilah belum begitu mengerti apa itu RFID , Kecuali mereka memang basis di dunia elektronika.RFID  itu sendiri adalah proses mengidentifikasi seseorang atau objek dengan menggunakan frekuensi transmisi radio. Pengidentifikasian tersebut menggunakan frekuensi radio untuk membaca informasi dari sebuah device kecil yang disebut Tag atau Transponder (Transmitter +  Responder). Tag tersebut akan mengenali diri sendiri ketika mendeteksi sinyal dari device yang kompatibel, yaitu pembaca RFID (RFID Reader).

Teknologi ini sangatlah fleksibel dan dapat digunakan untuk rangkaian otomatis.RFID ini dapat tersedia pada device yang hanya dapat dibaca saja (Read Only) dan daspat dibaca dan disunting (Read / Write ).RFID ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu dapat berfungsi  dalam  berbagai variasi kondisi lingkungan, dan menyediakan tingkat integritas data yang tinggi dan dapat menyediakan tingkat keamanan yang tinggi.

Apa saja komponen pada RFID ini ?
 Komponen pada RFID terdiri dari 4 yaitu :

  • Tag: Ini adalah device yang menyimpan informasi untuk identifikasi objek. Tag RFID sering juga disebut sebagai transponder.
  • Antena: untuk mentransmisikan sinyal frekuensi radio antara pembaca RFID dengan tag RFID.
    Pembaca RFID: adalah device yang  kompatibel dengan tag RFID yang akan berkomunikasi secara wireless dengan tag.
  • Software Aplikasi: adalah aplikasi pada sebuah workstation atau PC yang dapat membaca data dari tag melalui pembaca RFID. Baik tag dan pembaca RFID diperlengkapi dengan antena sehingga dapat menerima dan memancarkan gelombang elektromagnetik.
  •  Pembaca RFID adalah merupakan penghubung  antara software aplikasi dengan antena yang akan meradiasikan gelombang radio ke tag RFID. Gelombang radio yang diemisikan oleh antena berpropagasi pada ruangan di sekitarnya. Akibatnya data dapat berpindah secara wireless ke tag RFID yang berada berdekatan dengan antena.

 Tag RFID  sering dipertimbangkan  untuk digunakan sebagai barcode pada masa yang akan datang. Pembacaan informasi pada tag RFID tidak memerlukan kontak sama sekali. Karena kemampuan  rangkaian terintegrasi yang modern, maka tag RFID dapat menyimpan jauh lebih banyak informasi dibandingkan dengan barcode. Fitur pembacaan jamak pada teknologi RFID sering disebut sebagai anti collision.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Elektronika,How To,Tips