Advertisement here

Mengenal ciri ciri kompresor Kulkas yang rusak

Mengenal ciri ciri kompresor Kulkas yang rusak

cara mengatasi kompresor yang sudah rusak , cara mengecek komponen pada kulkas

Kukas , hampir semua orang tahu apa itu kulkas ? dan hampir semua orang khususnya di wilayah perkotaan mempunyai kulkas.Di dalam kulkas itu sendiri terdapat banyak komponen komponen yang wajib anda ketahui jika anda mau menjadi seorang teknisi yang bisa memperbaiki kulkas. Ada Kompresor ada PTC ada TOL ada FAN ada LAMPU.
 BACA JUGA :

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang kompresor
KOMPRESOR merupakan sebuah motor dengan tipe MOTOR HERMETIC kompresor ini mempunyai kumparan utama dan kumparan bantu yang digunakan untuk menjalankan motor tersebut.
Adakalanya juga Kompresor yang ada di kulkas itu Mati atau Rusak.

Apa yang terjadi jika kompresor Rusak ?
 Kulkas akan tidak dingin
APA CIRI CIRI KOMPRESOR YANG RUSAK ?

Kulkas Menjadi Tidak Dingin

Ciri ciri pertama yang mudah kita kenali yaitu kulkas menjadi tidak dingin. Apabila tadinya untuk membuat es batu bisa jadi beku, tapi sekarang tiba tiba mencair lagi, ada indikasi kompresor pada kulkas tersebut rusak

Suara Kompresor Keras dan Berisik

 Penyebabnya bisa karena usia dari kompresor tersebut sudah telalu lama, sehingga ada alat pada bagian dalam yang sudah aus. Alhasil suaranya menjadi berisik dan cukup mengganggu telinga.

Ampere Kompresor Naik Melebihi Batas Maksimal

Apabila kita cek ampere kompresor menjadi naik melebihi batas maksimal, ini juga merupakan gejala kompresor kulkas rusak. Namun dalam hal ini kita juga harus memeriksa tekanan freon nya, masalahnya kalau tekanan freon terlalu banyak juga bisa berakibat ampere naik. Jadi, kita harus mengetahui berapa PSI tekanan freon dan juga berapa maksimal ampere kompresor tersebut. Dengan begitu kita bisa mengambil kesimpulan apakah mesin kompresor benar rusak atau hanya kebanyakan kita mengisi gas freon.

Mesin Kompresor Hanya Terdengar Suara Berdengung Saja

. Penyebabnya bisa karena tegangan listrik terlalu rendah, atau malah habis terkena lonjakan tegangan tinggi atau rendah. Kalau sudah seperti ini, biasanya tidak lama lagi ampere kompresor akan naik kemudian mesin akan mati.

Kompresor Tidak Mau Hidup Sama Sekali

. Dalam hal ini juga bisa mungkin relay PTC atau overload nya putus. Oleh karenanya kita harus test dengan memberi tegangan listrik pada kompresor secara langsung.serta jika dimungkinkan mengecek komponen pendukungnya maka kita bisa gunakan multimeter.


Sekian artikel tentang mengenal ciri ciri kompresor kulkas yang rkusa, semoga bermanfaat
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Motor Listrik,Tips