Advertisement here

Mengenal ELCB sebagai pengaman instalasi listrik dari kebocoran arus

Mengenal ELCB sebagai pengaman instalasi listrik dari kebocoran Arus


Di dunia listrik hal yang sangat diperhatikan adalah keamanan , maka dari itu para profesor profesor listrik membuat alat untuk mengamankan manusia dan peralatan listrik.

Salah satu dari pengaman tersebut adalah ELCB atau kependekan dari Earth Leakage Circuit Breaker . Alat ini berkerja apabila ada kebocoran arus ,Jadi semisal anda kesetrum maka anda tidak akan terus terusan kesetrum akan tetapi hanya sekejab .

Mengapa begitu ?
Karena tingkat kepekaan kontak di dalam alat ini sangatlah tinggi yaitu 30mA atau bahkan ada yang 25mA.
Pengaman ELCB ini ada dua tipe yaitu untuk instalasi listrik 1 fasa dan instalasi liatrik 3 fasa.
Untuk pemasangannya sendiri jika elcb itu untuk 1 fasa maka ada fasa dan netral yang masuk ke inputan ElCB ini ,begitu juga pada listrik 3 fasa maka ada 4 kontak yang harus diisi yaitu : R , S , T ,dan N.

Apa perbedaan ELCB dengan MCB  ?
Pada dasarnya kedua alat ini mempunyai kesamaan yaitu untuk membatasi arus listrik dari kemungkinan lonjakan arus akibat hubung singkat ataupun beban lebih.Akan tetapi ada sedikit perbedaan yaitu : ELCB ini sangat dikhususkan untuk mendeteksi kebocoran arus yang masuk ke grounding.

Bagaimana Arus bisa masuk ke Ground ?
Arus dapat masuk ke ground lewat manusia yang kesetrum .Karena secara  tidak langsung akan ada arus yang melewati tubuh manusia tersebut dari bagian tubuh atas sampai ke kaki .

Bagaimana jika sebuah Instalasi tidak diberi ELCB  ?
Yang akan terjadi adalah jika beban dari listrik yang terpasang itu besar dan ada orang yang terkena kejutan listrik maka orang tersebut bisa bisa gosong . Karena jika hanya MCB maka mcb akan trip jika arus yang melewati MCB tersebut telah mencapai spesifikasi batas. Nah , kan belum tentu ada orang yang kuat dengan arus yang sebegitu besarnya.
Dengan ELCB maka listrik akan diputuskan dengan kurun waktu 0.1 detik sesuai dengan spesifikasi tingkat kepekaan ELCB terhadap arus yang bocor.

Maka dari itu banyak perusahaan atau industri yang telah menstandardkan instalasi listriknya dengan pengaman ELCB ini .Karena yang utama sebuah instalasi  bukan hanya untuk mengamankan komponen yang terpasang akan tetapi juga user yang mengoperasikan.

Sekian postingan saya tentang "Mengenal ELCB sebagai pengaman instalasi listrik dari kebocoran arus " Semoga dapat bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Instalasi,Tips