Advertisement here

Fungsi dan Cara Kerja Inverter


Fungsi dan Cara Kerja Inverter
Inverter adalah ,inverter untuk mobil,inverter sederhana

Teknologi sekarang ini sudah sangat maju hal itu dapat kita rasakan pada berbagai aspek kehidupan tidak terkecuali pada bidang teknik listrik.Teknologi Inverter lahir dan membuat kemajuan di berbagai aspek terlebih dalam dunia industri dan otomasi.

Saya sangat bersemangat sekali jika membahas Otomasi Industri karena itu saya membahas Inverter ini .Bagi banyak teknisi sudah bukan rahasia umum lagi jika mereka pasti akan berkelut memperbaiki maupun mengembangkan sistem kontrol menggunakan inverter.

Lalu apa itu Inverter ?

Inverter adalah sebuah alat yang dapat mengubah Arus AC menjadi Arus DC yangmana Arus DC ini nanti dapat digunakan untuk mengontrol sebuah motor DC servo.Inverter ini dapat multi fungsi ,dia dapat mengubah Arus AC menjadi Arus DC kemudian mengeluarkannya lagi dalam bentuk Arus AC.
Hal yang paling dominan dalam inverter adalah kemampuannya dalam mengatur Frekwensi Listrik juga Tegangannya.Nah dengan alat ini kita bisa set tegangan output yang mau kita gunakan serta Frekwensinya.

Karena perubahan Frekwensi inilah Inverter ini banya digunakan untuk mengontrol sebuah Motor Listrik.Tentunya disini kita sudah paham jika suatu Frekwensi inputan atau sumber dari motor listrik kita ubah ubah maka akan juga berdampak pada kecepatan putarannya.Semakin besar Frekwensi yang kita setting maka motor akan berputar semakin cepat.

Di dunia industri contohnya mesin mesin produksi yang membutuhkan keakuratan yang tinggi pasti menggunakan sebuah inverter untuk membantu mengontrol motornya.

Contoh Rangkaian inverter yang sederhana juga dapat kita temui pada Mobil dan inverter tersebut biasa disebut inverter mobil.

Untuk merk daripada Inverter ini di pasaran terdapat  banyak sekali seperti contohnya Omron , Mitsubishi , Siemens.Untuk harga juga relatif menyesuaikan kemampuannya dalam mengontrol seperti contoh mau mengontrol motor listrik 25 KW pasti menggunakan inverter yang beda jika kita ingin mengontrol suatu motor listri 125KW.

Sebenarnya bagi orang awam nama Inverter ini tidak asing lho karena teknologi inverter ini sudah digunakan juga pada AC ruangan kita sebagai contoh produknya LG atau Sharp yang telah mengembangkan teknologi ini.

Efeknya apa ? Tentu efeknya terletak pada penghematan energi ya  jika menggunakan inverter.Inverter ini juga dapat mengubah Arus listrik 1 fasa menjadi 3 Fasa jadi kita tidak perlu memasang listrik 3 fasa jika ingin menyalakan suatu motor listrik 3 fasa.

Variabel variabel pada Inverter ini sendiri banyak sekali yang dapat kita ubah seperti highspeed lowspeed  putaranya dan yang pasti jika ingin lebih paham mengenai inverter kita dapat membaca manual book yang tersedia pada produk bawaannya.Disana kita bisa pelajari fitur fitur yang terdapat pada Inverter.

Beberapa Inverter biasanya dapat di program menggunakan program bawaannya.Misalnya kita membeli suatu Produk Inverter dari Siemens maka kita dapat mensettingya di software yang telah dibuat khusus oleh pihak siemens untuk mengontrol inverter tersebut.Atau kita juga dapat memprogramnya melewati display yang tersedia pada inverter tersebut.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini tentang Inverter semoga artikel ini bermanfaaat bagi kita yang baru mengenal suatu inverter

Terimakasih jika ada Kritik ataupun saran sanggahan anda dapat menghubungi saya via email.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Elektronika,How To,Motor Listrik,Tips