Advertisement here

Jenis Jenis Rangkaian Instalasi Listrik Rumah


Jenis Jenis Rangkaian Instalasi Listrik Rumah


Rumah adalah tempat berharga bagi kita , karena itu maka kita perlu menjaga dan merawat instalasi listriknya, agar kita tetap nyaman serta tidak ada hal hal yang membahayakan untuk kita.Selain di rumah instalasi juga terdapat pada industri industri dalam hal ini pabrik tetapi ada beberapa perbedaan.Yang pasti pada industri instalasi direncanakan lebih baik serta rumit.Sangat berbeda dengan instalasi pada rumah.

Hal ini dikarenakan instalasi di rumah tidak harus mempunyai perhatian yang mendalam,karena banyaknya variasi daya yang terpasang untuk instalasi rumah ,tidak efisien jika kita menggunakan jenis yang sama dengan yang ada di industri.

Apa Pentingnya Mengetahui Jenis Rangkaian Instalasi Listrik ?

Mungkin bagi sebagian orang yang tidak suka mengetahui beberapa ilmu akan berkata "Buat apa sih ?",Pada dasarnya saya menganggap pemahaman tentang jenis rangkaian instalasi listrik rumah ini perlu karena sebagai konsumen kita harus cerdas.Yang dimaksud cerdas pada bab ini adalah tidak mennjatuhkan harga jasa pemasangan instalasi lho ya.

Pointnya adalah kita bisa tahu celahnya atau gambarannya tentang instalasi listrik yang terpasang pada rumah kita.Hal ini tentu juga akan memudahkan saat kita ingin menambahkan titik titik baru pada setiap percabangan yang ada.

Alhasil rangkaian instalasi listrik dirumah kita tetap aman terkendali.Juga dapat memudahkan para instalatir(julukan untuk orang yang memasang instalasi) saat melakukan perbaikan atau pemasangan baru.

Sebagai Teknisi

Dengan adanya Pemahaman tentang jenis instalasi rumah ini maka akan memudahkan para teknisi untuk menawarkan sebuah jasa yang akan ia kerjakan.Jadi kita bisa dengan mudah menyusun RAB atau biasa di sebut Rancangan Anggaran Biaya.

Lanjut ke point utama
sebelumnya anda juga dapat membaca


Jenis Jenis Instalasi Listrik Rumah

1.Instalasi Single Line

Yang dimaksud single line disini adalah sumber listrik yang berasal dari KWH Pln ke KWH rumah kita hanya menggunakan satu MCB.Rangkaian ini sangat ringkas dan praktis sekali untuk rumah rumah dengan tipe sederhana dan dengan daya terpasang cukup rendah kisaran 450-1300Watt.

2.Instalasi Double Line

Instalasi Double Line ini biasanya digunakan pada rumah rumah dengan tipe medium atauagak luas dan menggunakan daya terpasang yang lumayan besar.Ciri dari instalasi ini adalah dengan menggunakan 2 Mcb yang mana masing masing memiliki rute rute instalasi tersendiri.

Sebagai contoh MCB yang pertama digunakan untuk Instalasi Penerangan sedangkan MCB yang kedua digunakan untuk Instalasi Daya atau Kotak Kontak ,Kulkas ,Pompa air.

Keunggulan menggunakan Instalasi ini adalah instalasi kita lebih terjamin serta aman dari apapun dan memudahkan saat perawatan.

                 Baca Juga : Cara Memasang MCB yang baik dan benar

3.Instalasi Multi Line

Instalasi ini adalah Instalasi yang menggunakan banyak MCB ,biasanya terpasang pada Ruko dan sejenisnya.Menggunnakan daya yang besar sangat di sarankan dengan jenis instalasi ini karena semua tempat  akan dengan mudah terkontron satu persatu dan menjadikan kemudahan kemudahan pada saat penambahan ataupun perbaikan.

Saya rasa cukup sekian artikel ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua karena bagaimanapun kita harus peduli tentang listrik yang ada pada rumah tempat tinggal kita.Jangan sampai kebakaran melanda rumah kita karena kita kurang pemahan tentang jenis jenis instalasi listrik yang terpasang pada rumah kita.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Instalasi,Tips